Dunia it dimasa depan….

Dewasa ini perkembangan Information Technology (IT) atau yang sering kita sebut Teknologi Informasi semakin pesat. Hampir di setiap elemen dunia dikendalikan dengan komputer. Otomatisasi menjadi hal yang sangat penting dalam perkembangan zaman yang sudah memasuki era globalisasi. Dimana dunia yang begitu besar dapat seakan-akan mengecil dengan adanya kemajuan IT.

Kemajuan IT dan ilmu pengetahuan yang sangat pesat menyebabkan hal ini sangat penting dalam kehidupan social manusia. Terlebih lagi dengan dunia IT yang telah merambah setiap aspek kehidupan. Pekerjaan, pendidikan, kesehatan, IPTEK, serta berbagai aspek kemasyarakatan lainnya sudah terdominasi oleh IT.

Dapat kita bayangkan dengan kemajuan IT yang pesat, wajah dunia di masa yang akan datang mungkin saja berubah. Berbagai penemuan terus menerus muncul menyebabkan gaya hidup manusia yang konservatif lama-lama terkikis dengan mobilisasi yang terjadi. Setiap orang saat ini dengan mudah mengakses internet, semakinmobile dan praktis. Yang paling gencar menjadi buah bibir saat ini adalah kemunculan Smart Phone. Apabila diperhatikan maka akan terlihat betapa cepatnya perkembangan telepon genggam yang semula hanyalah media komunikasi 2 arah saja. Saat ini dengan Smart Phone, setiap orang bahkan dapat bekerja hanya melalui media telepon genggam.

Para pakar dan ilmuwan IT saat ini terus menerus berinovasi untuk membantu mempermudah kehidupan manusia. Maka bukan hal yang mustahil apabila di masa yang akan datang kita dapat melakukan sesuatu yang saat ini kita tidak dapat melakukannya. Banyak hal yang saat ini masih kita lakukan dengan tidak efektif dan efisien, namun mungkin saja di masa yang akan datang akan dapat ditemukan solusinya.

Awalnya komputer atau Desktop PC yang ada masih besar dan berat. Kesulitan awal yang ditemukan adalah kurangnya kepraktisan. Namun masalah ini dipecahkan dengan adanya Laptop ataupun Tablet PC yang baru-baru ini sedang menjadi Trending Topic dunia. Bukan tidak mungkin di masa yang akan datang, kita menjadikan anggota tubuh kita sebagai PC. Dengan begitu maka semakin mempermudah pekerjaan manusia. Kita dapat menjadikan telapak tangan sebagai media layar layaknya monitor dengan keyboard virtual. Banyak hal yang mungkin dilakukan, menonton televisi, mengerjakan pekerjaan hingga bermain game.

Dengan adanya komputer virtual kita tidak hanya bisa menggunakan tangan sebagai medianya, kita dapat menggunakan dinding. Karena dengan begitu kita dapat mengakses dimana saja. Hampir disetiap tempat kita akan menemukan dinding. Apabila kita sedang berpergian atau berjalan-jalan, kita pun dapat menggunakan jalanan atau tanah yang kita pijak sebagai media. Apapun itu dapat kita gunakan sehingga mempermudah pekerjaan manusia.

Perkembangan IT yang membuat teknologi virtual semakin gencar. Mungkin saja di masa yang akan datang kita dapat membuat segala sesuatunya menjadi virtual. Dengan syarat segala sesuatu yang dikembangkan adalah hal positif bagi manusia. Mempermudah kehidupan manusia adalah alasannya. Bukan hal yang mustahil kemajuan dunia IT dapat membantu berbagai macam permasalahan sosial manusia. Pengangguran, kriminalitas dan lainnya dapat di minimalisir.

Bahkan mungkin saja Teknologi Time Warp dapat benar-benar terealisasikan. Bukan hanya memindahkan benda ataupun manusia dari satu tempat ke tempat lainnya, tetapi perjalanan lintas waktu pun  mungkin saja terjadi. Membentuk tubuh manusia sebagai Data dan mengirimnya ketempat lain. Transportasi akan semakin cepat dan efiesien, karena di masa yang akan datang manusia akan semakin menghargai waktu lebih dari uang.

Namun hal ini semua tidak dapat terwujud tanpa adanya perkembangan ilmu lainnya. Dunia IT haruslah berkembang beriringan dengan ilmu pengetahuan lainnya selama memang masuk dalam nalar dan logika manusia.

Sumber :

http://blog.ub.ac.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s