DUNIA MAYA SEBAGAI BUDAYA

Dahulu kala, manusia berkomunikasi menggunakan bahasa tubuh. Memberikan gerakan gerakan berupa isyarat, agar dipahami orang lain. Seiring berkembang nya lingkungan dan kondisi psikis manusia, bahasa isyarat isyarat tersebut berubah menjadi bahasa verbal. Bahasa verbal yang lebih mudah dicerna oleh manusia, agar mereka saling berinteraksi satu sama lain. Bahasa verbal yang lebih mudah ini, menjadi kebutuhan manusia dalam menjalin kehidupan. Saling berinteraksi untuk mendapatkan empati dan kasih sayang. Saling mengerti satu sama lain, menimbulkan rasa interaksi yang berbeda. Tetapi seiring berkembang nya jaman, interaksi yang mereka lakukan menimbulkan beberapa kendala. Kendala yang paling utama, mereka melakukan interaksi hanya dengan jarak yang sangat pendek hanya sekitar 10 meter, itu pun suara yang mereka keluarkan sudah samar samar dengan suara lain. Terkadang jika ada angin kencang, suara mereka malah hanya terdengar 1 meter saja. Dan mereka pun berfikir, jika mereka ingin menjalin silatuhrami ke tempat yang sangat jauh, artinya mereka harus mengunjungi mereka. Dengan merogoh tenaga dan kocek yang sangat besar.
Manusia yang mempunyai sifat yang tidak pernah puas, akhirnya berinovasi dengan beragam penemuan mereka. Dimulai dari penemuan pesawat telepon oleh Alexander Graham Bell pada abad 16 , penemuan lampu, penemuan radio, dan penemuan inovatif lainya. Hingga kini, penemuan pesawat telepon menjawab segala problema berkomunikasi. Manusia jadi dapat silatuhrami dan urusan lainya tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga dan uang untuk melakukanya. Pesawat telpon kian popular dengan fungsinya, hamper semua orang membutuhkan pesawat telpon. Kemudian muncul kembali inovasi mengenai pesawat telpon. Pada waktu itu, diluncurkan satelit sebagai terminal sinyal pesawat telpon. Munculnya pager sebagai pesawat telpon bertulis, yang mengalah kan sedikit tentang surat menyurat. Dan lalu akhirnya diciptakan lah telepon genggam yang masih ngetren hingga saat ini dengan brand brand bergengsi.
Kita sebagai mahluk yang tidak pernah puas, pastilah berfikir selalu “out of the box”. Dengan pemikiran tidak itu itu saja, menobrak lingkaran yang ada. Diciptakan lah internet pada abad 19 oleh militer amerika serikat untuk kepentingan urusan militer. Internet kemudian dikembangkan di dunia pendidikan, yang semula hanya dari satu instansi pendidikan kebeberapa instansi pendidikan di amerika sekarang sudah dapat digunakan oleh khalayak umum. Internet yang sudah menjamur menjadi lifestyle bagi seluruh orang akhirnya menjadi salah satu kebutuhan kita semua.
Internet yang sudah menjadi lifestyle bagi seluruh orang, dimanfaat kan oleh kalangan developer developer yang bermaksud untuk menambah kepuasan dalam pemakaian internet. Diciptakan nya berbagai jenis fungsi internet oleh para developer. Ada internet sebagai mesin pencari (search engine : yahoo, google) , sebagai surat elektronik (E-mail : yahoo, plasa.com), sebagai sarana silaturahmi yang lebih lanjut (social network), sebagai sarana pendidikan (e- education), sebagai sarana transaksi jual beli (e-commercial), sebagai sarana pengayoman masyarakat (e-government) dan fungsi lainya.
Salah satu yang paling popular yang sangat menjamur dan bahkan menjadi salah satu kebutuhan pokok oleh semua orang adalah social network/jejaring sosial. Jejaring sosial adalah salah satu sarana yang disediakan oleh dunia maya untuk menjalin silatuhrami jarak jauh maupun jarak dekat secara elektronik. Jejaring sosial menyediakan kita untuk memasukan photo, informasi, video, dan lain lain guna mendekat kan kita dengan orang lain lebih actual. Jejaring sosial sebagai lifestyle dikalangan anak muda jaman ini. Dulu anak muda dikatakan gaul apabila memiliki sesuatu yang kehilatan dan berbentuk, tapi sekarang dengan bermodal kan “account” pada salah satu jejaring sosial, status anda dimata teman anda akan berubah.

Inilah berbagai jenis social network diciptakan oleh beberapa developer terkenal, diantaranya:

Jonathan Abrams, Pendiri dan penemu Friendster inc, yang dahulu kala pendobrak populernya jejaring sosial di Indonesia. Friendster merupakan jejaring sosial pertama yang dikenal khalayak umum. Friendster yang fiturnya seolah kita memiliki biodata dunia maya membuat orang menjadi tau tentang informasi kita. Fiturnya yang sangat simple, dan dinamis menjadi keunggulan nya. Sempat menjadi hits terbanyak oleh pengguna internet. Tetapi munculnya pesaing pesaing baru dengan inovasi jejaring sosial nya, friendster hamper dilupakan oleh pengguna jejaring sosial. Sempat isu terdengar, friendster akan dijual ke perusahaan jejaring sosial yang lain. Tetapi nyatanya friendster kembali bangkit dengan fitur fitur yang baru sehingga anda dapat mengaksesnya dengan mudah.
Google+ atau Google Plus adalah jejaring sosial yang dioperasikan oleh Google Inc. Google+ diluncurkan pada 28 Juni 2011 dengan sistem undangan untuk diuji coba.Di hari tersebut, pengguna Google+ diijinkan untuk mengundang teman diatas 18 tahun, untuk membuat akun. Namun, ini segera dihentikan sehari kemudian setelah pembuatan akun semakin membeludak.
Google+ mengintegrasikan layanan sosial seperti Google Profile dan Google Buzz, dan memperkenalkan layanan baru seperti Circles, Hangouts, Sparks, and Huddles. Google+ juga akan tersedia dengan berbagai aplikasi desktop dan aplikasi ponsel, tetapi hanya pada Android dan sistem operasi iOS. Media massa seperti The New York Times telah menyatakan bahwa Google+ adalah upaya terbesar Google untuk menyaingi jaringan sosial Facebook yang telah mempunyai lebih dari 750 juta pengguna pada tahun 2011.
Dennis Crowley dan Naveen Selvadurai,Foursquare adalah sebuah situs web dan aplikasi dari telepon selular yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan teman mereka dan secara langsung check-in lokasi terbaru mereka. Foursquare hanya bisa digunakan pada Iphone, Android , Blackberry, Palm Pre dan telepon selular lain yang menawarkan aplikasi mobile web. Check-in di dalam foursquare adalah ketika pengguna memberitahu foursquare dimanakah dia berada . Check-in bisa dilakukan dimana saja, di restoran, museum, taman kota, atau di universitas. Pada saat anda melakukan check-in maka anda akan diberikan sebuah poin. Poin juga bisa didapatkan dengan menambah lokasi baru yang belum ada di dalam situs web Foursquare. Pengguna foursquare juga dapat check-in lokasi terbaru mereka sekaligus juga memberikan komentar tentang lokasi tersebut . Foursquare bekerja sama dengan Facebook dan juga Twitter, jadi jika pengguna check-in maka akan otomatis terdapat pada account Facebook dan Twitter
Mark Zuckerberg, Pendiri dan Penemu Facebook inc, merupakan salah satu jejaring sosial yang sangat popular. Kemudahan dalam mengakses faceebook, dan fitur fitur yang membuat kita ketagihan menjadi keunggulan dari facebook. Facebook yang dapat diakses media pesawat telepon, memudahkan kita mengakses facebook dimana saja. “Status Updates” merupakan fitur yang paling nge hits dikalangan pengguna jejaring sosial. Dengan “status updates” kita dapat mencurahkan isihati, pikiran, dan berbagai macam cerita dalam dirimu lalu diapresiasikan oleh kawan kawan anda sesame pengguna facebook dengan “likes” atau menambah kan “comments” pada status anda. Semakin anda diapresiasikan oleh teman anda, semakin anda ketagihan menggunakan facebook”. Facebook menyediakan jasa chatting bagi penggunanya, grups account, dan fitur fitur lainya yang memudahkan kita untuk bersilatuhrami secara luas. Sesuai dengan temanya.
Evan Williams, Twitter Inc. merupakan salah satu jejaring sosial yang sangat popular dikalangan anak muda, memiliki fungsi yang sama dengan jejaring sosial yang lainya, tetapi twitter yang memiliki konsep minimalis dalam fiturnya menjadikan keunikan tersendiri di twitter. “Timeline” pada twitter merupakan status status actual teman anda pada twitter, sehingga anda dapat mengapresisasikan nya. “trending topic” pada twitter merupakan topic terhangat para tweeps (twitter user) untuk dibahas. Biasanya bersifat mendunia, ataupun paling banyak disebut orang. Dengan fitur dapat diakses oleh telepon genggam dan media portable lainnya, twitter dapat diakses dimana mana.

Dan jejaring sosial global lainya..

Kita pun memiliki jejaring sosial domestic yang diciptakan oleh developer developer muda Indonesia seperti:
Salingsapa.com
Sitti.com
Koprol.com
Dijaman yang semakin modern, dan dibutuhkan teknologi yang harus memadai. Orang orang menggunakan dunia maya sebagai salah satu kebutuhan pokok.
Dengan menggunakan dunia maya, kita bisa mengetahui berbagai hal hal yang sebelumnya kita ketahui dan mudah diakses. Semua orang dapat bersilatuhrami lebih terintegrasi dengan fitur fitur yang disediakan oleh jejaring sosial. Memudahkan kita bertransaksi dengan cepat. Memudahkan kita untuk saling mengayomi, memudahkan kita dalam surat menyurat. menambah status kita di kehidupan kita.
Selain banyak manfaat, dunia maya juga banyak digunakan oleh oknum oknum yang tidak bertanggung jawab. Dunia maya digunakan sebagai sarana transaksi illegal. Dunia maya digunakan sebagai sarana mengakses konten konten dewasa. Dunia maya sebagai sarana tindak criminal (cybercrime) yang tidak terlihat. Membuat kita lupa akan waktu apa bila menggunakan nya terlalu berlebihan. Menjadi sarana perusak moral apa bila tidak diawasi.
Kita mengetahui bersama, bahwa jaman yang serba digital ini menimbulkan dampak dan pengaruh dalam kehidupan kita sehari hari. Kita sebagai user, seharusnya lah menggunakan dunia maya sebagaimana layaknya agar kita pun sebagai penggunan yang intelek menjadikan dasar bahwa dunia maya merupakan salah satu dasar bagi kita semua untu maju. Oleh karenanya, kultur kita beragam ragam tetapi kita adalah satu tujuan. Yaitu untuk maju dikemudian hari
Sumber:
http://www.freewebs.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s