KASUS INTERNET

APPLE TARIK APLIKASI PENGUNTIT GADIS

 

Setelah menuai kontroversi, aplikasi penguntit gadis, Girls Around Me, akhirnya ditarik dari App Store.
Aplikasi ini menggunakan informasi yang diambil dari profil yang terbuka untuk umum di Facebook dan check-in di layanan berbasis lokasi Foursquare. Para wanita yang terlibat dalam aplikasi tersebut, tidak dimintai persetujuan apapun. Mereka juga tidak mengatahui bahwa informasi mereka, termasuk foto, sedang ditampilkan kepada orang asing.

Akses Girls Around Me ke Foursquare ditarik Sabtu lalu. Ini dilakukan setelah perusahaan diberitahu bahwa aplikasi ini melanggar syarat dan ketentuan dengan mengumpulkan informasi tanpa izin.

Konsekuensinya, pengembang aplikasi Rusia, i-Free Innovations, menarik aplikasi tersebut dari App Store Apple, dan membuat pernyataan yang dimuatThe Wall Street Journal.

Pengembang itu menyatakan, “Tidak etis untuk mencari kambing hitam untuk berbicara tentang masalah privasi. Kita melihat ini gelombang negatif sebagai kesalahpahaman yang serius dari tujuan aplikasi, tujuan, kemampuan dan pembatasan,” demikian yang ditulis pengembang itu, seperti dilansir dalam laman the Telegraph.

Situs aplikasi ini telah mengklaim bahwa “‘Girls Around Me’ adalah pelengkap sempurna dalam strategi merayu teman kencan. Dengan jutaan gadis cantik yang check-in setiap hari, di sini ada saat yang tepat untuk berburu,” katanya.

Meskipun aplikasi ini telah menuai badai kritik dari kalangan online, yang dipimpin oleh situs Cult of Mac, aplikasi ini hanya menggunakan data yang tersedia untuk umum. Sementara badai protes mengepung penggunaan aplikasi ini, yang dianggap bisa dilakukan untuk menguntit dan membahayakan perempuan.

Banyak juga kritikus yang menunjukkan bahwa aplikasi ini sebenarnya menyoroti berapa banyak informasi, bahwa orang secara sukarela atau tidak sadar membuat orang lain tahu tentang diri mereka via layanan online.

Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 70 ribu kali. i-Free mengatakan pengembangan ke depan akan dilanjutkan, tetapi hanya akan menggunakan check-in untuk tempat-tempat umum.

“Aplikasi ini hanya memungkinkan pengguna untuk menelusuri tempat-tempat terdekat, seperti jika Anda lewat dan melihat ke jendela,” klaim i-Free. (eh)

sumber : http://teknologi.vivanews.com/news/read/301527-apple-tarik-aplikasi-penguntit-gadis

Respon :

       kalau menurut saya sih aplikasi semacam ini memang harus ditarik dari peredaranya karena sudah jelas jelas aplikasi ini sudah memperlihatkan privasi seseorang tanpa izin si pemilik tersebut, menyebabkan aplikasi ini mungkin akan digunakan untuk hal hal yang negatif dibanding hal hal yang positifnya , seperti halnya kasus penculikan dan pelecehan yang disebabkan kelalaian dalam pengunaan jaringan sosial dimana si korban yang berkenalan dengan orang orang yang belum dikenal dengan informasi palsu tentunya dan si korban langsung percaya lalu si pelaku mengajak untuk bertemu maka tindak kejahatan pun terjadi. Mengingat bahwa teknologi jaman sekarang semakin canggih sehingga apapun yang dulunya sangat mustahil sekarang menjadi mungkin seperti halnya aplikasi penguntit gadis ini. Tapi meskipun begitu, harus diakui memang aplikasi ini cukup baik untuk mencarikan jodoh untuk seseorang yang belum mempunyai pasangan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s