Tugas bahasa indonesia 2 : Resensi buku

DATA PUBLIKASI :

Judul artikel        : Fakta dan Data Yahudi Di Indonesia Dulu dan Kini

Penulis               : Ridwan Saidi dan Rizki Ridyasamara

Penerbit              : KHALIFA

No./tanggal        :  ISBN 979-99871-5-6/2006

No. Halaman      : xvi + 232

Tema                     : politik dan filsafat.

Lampiran :

WP_20131122_001[1]

Ringkasan

Yahudi, kaum yang dikutuk Allah, bertaburan di mancanegara. Meraka ada lari yang ke Afrika disebut sebagai Falasha, Yahudi hitam. Yang lari ke Bukahara disebut Yahudi Rusia. Dan ada lagi yang lari ke India, di samping sejumlah besar lari ke Eropa.

Pada 1717 di London imigran Yahudi membangun gerakan zionis yang dinamakan Freemasonry, ” Free and accepted masons” atau rumah batu yang bebas dan akrab.

Hanya 59 tahun setelah itu di Hindia Belanda didirikan cabanganya. Pemimpin Vrijmetselarij alias Freemansonry, sekaligus merangkap sebagai ketua loge ( ruang duluk atau gedung kumpulan kaum teosifi ) yang diberi nama: ‘de Ster in het Oosten’ alias Bintang Timur ( lihat Kitab Peringatan Oentoek Hindia Belanda, Tulisan j.Kruisheer dan A. De Geus).

Di dalam statuten, anggaran dasar, Vrijmetselarij (VM) dikatakan bahwa tujuan perhimpunan ini untuk membawa orang dan kemannusiaan ke derajat pikiran dan ilmu kehidupan yang lebih tinggi di dalam loge.

VM menyelenggarakan ‘schoofonds’ dan ‘studiefons’ (beasiswa) serta ‘voklsbibliotheek’ (perpustakaan rakyat) utnuk anak-anak yang pintar, hubaya-hubaya( terlebih-lebih) orang Jawa. Meski pun pada tahun 1919 VM masih mendirikan sebuah loge lagi yang diberi nama Broederketen, namun aktifitas VM tidak dapat dilanjutkan karena kurangnya sambutan dari kaum pribumi.

Loge-loge VM pada umumnya diramaikan oelh orang-orang kulit putih saja, bahkan ada VM yang khusus disediakan untuk orang Scotlandia, Inggris,  dan Amerika.

Kelebihan

  • Buku ini sangat bagus untuk lebih mengenal mengenai yahudi dan ajaranya, serta jejak jejak mereka di dunia, termasuk indonesia.
  • Fakta dan data yang ada didalam buku ini cukup akurat karena di ambil dari berbagai macam sumber yang kuat.  Mulai dari akar-akarnya hingga data-data terbaru
  • Dengan membaca buku ini, tentu dapat lebih meyakinkan para pembaca bahwa kaum yahudi tertentu sangatlah berbahaya dikarenakan pergerakan mereka yang sangat rahasia.
  • Meskipun ada beberepa bahasa yang disampaikan dalam buku ini agak tampak rumit, tapi secara keseluruhan sangat mudah dimengerti.

Kelemahan

  • Ada beberapa data yang menurut saya sulit dipercaya karena fakta yang mendukung data tersebut menurut saya kurang
  • Mungkin bagi para mengenal yang sudah mengenal dunia yahudi sudah pasti sangat waspada dengan keberadaan mereka dan sangat mendukung sekali  dengan kehadiran buku ini, akan tetapi bagi mereka yang masih awam,  dengan membaca buku ini sulit bagi mereka untuk memahami fakta dan data yang diberikan.
  • Ada beberapa penjelasan di buku ini yang menurut saya sifatnya subyektif, seperti menyudutkan beberapa pihak tertentu.

Pendapat akhir dan saran

  • Menurut saya semua isi yang disajikan didalam buku ini sudah bagus, dimana semua pokok permasalahan dijelaskan cukup terperinci, dimulai dengan membahas akar akarnya hingga semua cabang-cabang yang kini telah meluas ke segala penjuru dunia. Jika kita membahas tentang pergerakan yahudi pastilah tidak akan ada habisnya, karna setiap peristiwa besar pasti banyak yang sudah menduga merekalah otak dibalik terjadinya. Bahasa serta penyampaian maksud yang digunakan si penulis cukup ringan dan mudah dipahami khususnya bagi mereka yang masih awam tentang yahudi. Cover buku yang cukup menarik dengan desain yang cukup menggambarkan isi dari buku. Untuk lebih lanjutnya, saya menyarankan agar ada versi lebih terbaru mengenai buku ini, dimana data-data yang ada ditambah lagi sehingga para pembaca akan lebih yakin tentang apa yang telah disampaikan di dalam buku ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s