KRISIS UKRAINA TERHADAP INDONESIA DAN DUNIA

 

 

Krisis politik dan sosial yang terjadi di ukraina masih menjadi topic hangat untuk diperbincangankan  beberapa akhir ini. Namun bisa dibilang untung atau tidak, gara gara hal tersebut membuat nilai rupiah akan dollar kini telah terkoreksi, dimana beberapa waktu yang lalu nilai rupiah sempat menurun tajam dari angka kisaran rp 9.000 menjadi kisaran rp 11.000.

Apakah jika konflik ini  terus berlangsung maka akan menguntungkan Indonesia? Jawabanya adalah tidak sama sekali, lebih tepatnya Indonesia dan dunia akan mengalami kerugian akibat masalah yang terjadi didalam Negara tersebut. Dampak ekonomi misalnya, jika terus berkelanjutan akan membuat melambungnya harga minyak dunia.

“Kalau disana ada konflik tentu memengaruhi pandangan kita tentang Uni Eropa, dan dampaknya pertumbuhan ekonomi di Eropa, dan pengaruh ya terhadap seperti harga minyak dan lainnya,” ujarnya di Gedung BI, Jakarta, Jumat (7/3).

Dirinya juga berharap bahwa pemerintah Ukraina dapat mengatasi konflik tersebut dengan cara diplomasi. “Kalau ada selisih, bisa diatasi dengan diplomasi tidak akan membawahi dampak ekonomi regional dan global,” jelas dia.

Bagi Indonesia sendiri, kenaikan harga minyak dan gas sangatlah fatal sekali seperti bengkaknya subsidi yang akan ditanggung pemerintah, selain itu jika harga minyak yang terlalu murah maka hal tersebut akan jelas menekan penyaluran dana untuk pembangunan atau pendidikan yang sampai saat ini dirasa masih kurang merata.

Belum lagi bagi warga Indonesia yang tinggal di rusia sana yang mana rusia juga sedang terlibat didalam krisis ukraina, perlu meningkatkan kewaspadaan mereka terhadap warga disana bisa warga rusia secara mendadak menjadi anti orang asing, mengapa demikian??pasalnya sejak dahulu warga rusia memang terkenal dengan jiwa nasionalismenya , mereka sangat sentimental dan emotional jika menyinggung hal yang berbau Negara mereka.

Terlebih lagi krisis ukraina ini tidak lepas dari ikut campur tangan Negara barat dan sekutunya yang notabenenya  adalah musuh abadi mereka sejak dahulu kal, tentu sikap mereka yang dingin dan anti asing yang kini sudah hilang akan tumbuh kembali setelah sekian lama mereka mulai menunjukan sikap terbuka mereka.

Keadaan semakin buruk apabila benar terjadi pengerahan militer Rusia menghadapi tentara Ukraina yang tentu saja tidak akan berjalan sendiri mengingat kesenjangan military capability. Kemungkinan dengan bantuan NATO, perang apapun yang terjadi hanya akan menambah parah kondisi dunia dan pertumbuhan ekonomi yang tentu saja akan terasa lambatnya pemulihan ekonomi juga bagi Indonesia.

Tidak ada solusi yang terbaik saat ini selain wait and see, karena bagaimanapun juga Indonesia tidak bisa mengintervensi keputusan apapun selain melalu mekanisme politik organisasi dunia. Yang bisa dilakukan adalah penguatan ekonomi Indonesia yang bisa dimulai dengan sosialisasi pengurangan subsidi minyak bumi terhadap masyarakat dan tentu saja pembenahan birokrasi Indonesia. Pahit memang tetapi mungkin lebih baik daripada kembali kepada kamuflase ekonomi pada masa sebelum reformasi. Kembali ke krisis Ukraina, tidak ada satu keuntunganpun dalam perang, yang ada hanyalah sedikit harga diri dipertahankan berbanding dengan nyawa, keluarga, harta dan airmata

 

Sumber :

http://m.kompasiana.com/post/read/636246/1/dampak-eskalasi-krisis-rusia-ukraina-bagi-indonesia.html

http://www.merdeka.com/uang/bi-waspadai-dampak-krisis-ukraina-pada-harga-minyak.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s