MENGENAL BUAH TOMAT

Diantara kita siapa sih yang tidak kenal dengan tomat? Itu loh buah yang bentuknya bulat, yang umumnya  berwarna merah, hijau, yang isinya terdapat biji-bijian serta rasanya manis pula. Biasanya tomat itu diolah sebagai bahan masakan, entah itu masakan yang ditumis, di buat sayur, atau seringnya dibuat sebagai saus atau sambal. Nah selain itu apalagi ya yang kita ketahui  tentang tomat? Selain di hanya diketahui sebagai bahan makanan, yuk kita ulas mengenai tomat lebih lanjut.

ASAL MUASAL

Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah danSelatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tomat merupakan keluarga dekat dari kentang.

Kata “tomat” berasal dari kata dalam bahasa Nahuatltomatl (dilafazkan: /tɔ.matɬ/)

Menurut tulisan karangan Andrew F. Smith “The Tomato in America”, tomat kemungkinan berasal dari daratan tinggi pantai barat Amerika Selatan. Setelah Spanyol menguasai Amerika Selatan, mereka menyebarkan tanaman tomat ke koloni-koloni mereka di Karibia. Spanyol juga kemudian membawa tomat ke Filipina, yang menjadi titik awal penyebaran ke daerah lainnya di seluruh benua AsiaSpanyol juga membawa tomat ke Eropa. Tanaman ini tumbuh dengan mudah di wilayah beriklim Mediterania.

Terdapat buah tomat dengan kisaran warna dari hijau ketika masak, kuning, jingga, merah, ungu (hitam), serta belang-belang.

Dari ukuran dan bentuk[1], orang mengenal kelompok tomat

  • granola yang bentuknya bulat dengan pangkal buah mendatar dan mencakup yang biasanya dikenal sebagai tomat buah (karena dapat dimakan langsung),
  • gondol yang biasa dibuat saus dengan bentuk lonjong oval (biasanya yang ditanam di Indonesia adalah kultivar ‘Gondol Hijau’ dan ‘Gondol Putih’, dan keturunan dari kultivar impor ‘Roma’) dan termasuk pula tomat buah,
  • sayur adalah tomat dengan buah biasanya padat dan dipakai untuk diolah dalam masakan
  • ceri (tomat ranti) yang berukuran kecil dan tersusun berangkai pada tangkai buah yang panjang.

 

KANDUNGAN YANG ADA DALAM TOMAT

Kandungan yang terdapat pada 100 gram tomat yaitu :

  • fosfor 27 gm
  • kalium 360 mg
  • besi 6 mg
  • vitamin A 1000 UI
  • vitamin K
  • vitamin C 23 mg
  • kalsium 11 mg
  • Thiamine 56 mg
  • Protein 1 gram

 

MANFAAT TOMAT

  • Kesehatan kulit merupakan salah satu manfaat tomat

Tomat bisa membantu merawat kulit dari dalam tubuh. Tomat juga bisa menghilangkan kerutan yang muncul ketika kita mulai tua.

Jerawat juga bisa diobati oleh tomat. Cara menggunakan tomat untuk mengobat jerawat adalah dengan mengambil potongan – potongan kecil tomat, kemudian dioleskan ke wajah, dan melakukan nya secara rutin selama sebulan.

Kulit wajah juga akan tampak lebih bersih dari lemak, dan juga kotoran yang merupakan fungsi dari asam sitrat yang terdapat dalam tomat.

 

  • Tomat juga memiliki fungsi untuk menurunkan resiko kanker prostat.

Bila kamu bisa mengkonsumsi tomat minimal 2 kali seminggu, maka kamu sudah menurunkan resiko kanker prostat 21 – 43%.

 

  • Tomat Untuk Kesehatan Mata

Beta carotene merupakan salah satu kandungan pada tomat yang cukup tinggi. Beta carotene ini lah yang membuat mata kita menjadi lebih sehat..
Pencernaan dan nafsu makan juga dipengaruhi oleh tomat.

 

Tomat memiliki kandungan garam mineral yang cukup tinggi. Garam mineral ini memiliki fungsi untuk merangsang keluarnya air liur. Kita sudah tahu, bahwa air liur membantu kita dalam pencernaan. Enzim – enzim yang dikeluarkan oleh tomat memiliki manfaat untuk memperlancar pencernaan, sedangkan mineral – mineral yang terkandung dalam tomat itu berfungsi untuk menambah nafsu makan.
Fungsi tomat sebagai anti oksidan dan anti radang.

 

Tomat mengandung vitamin C dan karoten yang berfungsi sebagai anti oksidan dan akan melawan radikal bebas, lalu tomat juga mengandung tomatine yang bermanfaat sebagai anti radang.

 

 

SUMBER :

http://diethuteri.com/252/mengenal-manfaat-tomat-sebagai-penunjang-kesehatan-tubuh/

http://id.wikipedia.org/wiki/Tomat

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s