INDONESIAKU, SEANDAINYA…

Indonesia merupakan negara kepulauan yang dikelilingi oleh lautan yang luas sehingga indonesia disebut sebagai negara matitim. Dengan kekayaan alam yang melimpah menjadikan Indonesia sebagai negara sumber daya yang bisa dibilang terdapat didaratanya maupun dilautan. Tentu sebagai penduduk asli Indonesia kita sepatutnya berbangga karena kita sudah dilahirkan di negri yang indah ini. akan tetapi semua itu menjadi sia sia dikarenakan para pemerintah yang kurang responsif akan hal itu, semua sumber daya alam yang  tidak dikelola dengan semestinya dikarenakan setiap keputusan dan kebijakan yang diambil oleh mereka kurang memberi manfaat  dan tergolong menjadikan hal yang semestinya dilakukan dengan mengelola dengan baik terbuang sehingga lama-kelamaan sumber daya menjadi habis tidak berbekas.

Sama halnya dalam bidang pariwisata, sebenarnya bila kita membuka mata selebar-lebarnya, negera kita tercinta ini memiliki berbagai tempat wisata yang bisa dibilang  sangat indah dalam hal suasana alamnya, tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan objek wisata yang ada di negara tetangga maupun negara asing lainya. Namun, apakah kita sendiri sebagai asli pribumi sadar akan hal itu?? mungkin mayoritas dari kita sebagai rakyat indonesia dengan semakin berkembangnya  teknologi telekomukasi pasti sadar akan hal itu karena dengan teknologi sekarang ini kita bisa melihat seluruh kekayaan alam indonesia hanya dengan duduk dirumah lalu menatap layar monitor komputer dengan dilengkapi fasilitas internet. kita akan sadar ternyata indonesia yang kita kenal selama ini masih belum sepenuhnya kita kenal. Mengapa demikian? karena kita selama hanya tau indonesia hanya sebagai negara saja dan sebagai tanah dimana kita dilahirkan. Kita tidak tahu bahwa didalam indonesia itu sendiri ternyata menyimpan potensi alam yang sangat besar dan jika kita manfaatkan maka bisa membawa keuntungan bagi kita maupun seluruh manusia yang menempati indonesia ini.

selama ini objek wisata hanya terfokus pada pulau bali saja karena memang banyak turis yang kenal indonesia dikarenakan pulau bali, tapi bila pemerintah dan masyarakat bekerja sama dalam membangun, membangkitkan serta serta melestarikan objek wisata di setiap masing masing daerah, yakinlah indonesia kita akan semakian dikenal dengan berbagai macam keindahan alamnya yang hanya kita orang indonesia saja yang mengetahuinya meskipun sudah ada beberapa orang asing yang menjadi saksinya.

dengan semakin terkuaknya kekayaan alam indonesia tentu akan membawa berbagai macam manfaat seperti dalam halnya bidang ekonomi yaitu meningkatnyak devisa negara, semakin banyaknya investor yang menanamkan modal untuk kebutuhan pariwisata, majunya usaha penduduk lokal. Begitu juga dalam bidang sosial : masyarakat yang tadinya sangat acuh akan tradisi asalnya dikarenakan daerahnya yang semakin ramai dikunjungi turis lokal maupun internasional maka mereka akan merasa bersemangat untuk unjuk kebolehan dengan menunjukan adat mereka yang sifatnya unik, selain itu dengan beragam keunikan adat yang ada diindonesia tentu akan menumbuhkan minat orang asing untuk lebih mendalami bahasa indonesia kita. Sungguh ini sangat menyenangkan jikalau kita mengetahui banyak turis dari berbagai negara dengan antusias belajar bahasa maupun bahasa daerah jika dibandingkan kita yang pribumi asli yang harus selalu dituntut mempelajari bahasa mereka karena suatu keharusan di zaman globalisasi ini.

lalu apakah harapan itu akan terjadi? sungguh sangat ironis jika kita melihat potret kehidupan zaman sekarang. banyak sumber daya alam maupun manusia kini yang kurang dimanfaatkan secara bijakasana. segalanya serba kacau, banyak hal dari berbagai kalangan seperti pengusaha yang tidak bertanggung jawab menggerus sumber daya alam tiada hentinya tanpa usaha untuk memperbaharuinya kembali. ketidakpedulian pemerintah yang lebih sibuk mementingankan golonganya serta berbagai macam tindakan korupsi sebagai dalang atas kekacauan yang pada akhirnya sangat merugikan negara indonesia ini. pada akhirnya jika hal ini terus bekelanjutan maka nasib bangsa kita ini akan terancam hingga ke generasi selanjutnya dimana cucu kita yang harusnya masih bisa menikmati indahnya alam indonesia harus mengubur impian tersebut dalam-dalam. lalu menunggu sampai harapan itu kian akan terwujud.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s