windows Xp pensiun ?

Merdeka.com – 4 hari lagi, produk Microsoft yang terkenal yaitu Windows XP akan berakhir masa edarnya. Sebenarnya, apa sih alasan Microsoft menutup operating system tersebut?

Menurut data yang diunggah oleh Net Applications, sampai saat ini pengguna Windows XP di seluruh dunia masih berada di kisaran 28 persen atau menduduki posisi kedua di bawah Windows 7 (49 persen) dan di atas Windows 8 (6,4 persen).

Pihak Microsoft sendiri ternyata memiliki alasan kenapa mereka mengambil keputusan tersebut. “Alasan utama kami menghentikan support kepada Windows XP karena masalah keamanan,” jelas pihak Microsoft, seperti dikutip dari WSJ (02/04).

Namun benarkah mereka menghentikan masa edar Windows XP tersebut karena masalah keamanan saja?

Memang selama ini banyak hacker dan cybercriminal lainnya yang lebih menyukai Windows XP sebagai sasaran tembak mereka karena celah keamanan di operating system itu mudah untuk diterobos.

Bahkan, ada prediksi bahwa setelah tidak lagi mendapatkan support dari Microsoft, ATM-ATM di seluruh dunia yang menggunakan Windows XP sebagai otak pengoperasiannya dapat dengan mudah diretas.

Berdasarkan hal tersebut, maka Microsoft memutuskan untuk menghentikan masa kerja Windows XP setelah beberapa tahun berkibar di dunia PC.

Namun apabila sedikit menjelajah ke dalam, nampaknya ada tendensi lain yang menyebabkan kenapa Microsoft harus mengakhiri hidup dari operating system populer tersebut.

Hal itu dikarenakan popularitas dan pangsa pasar serta penjualan Windows 8 yang digadang-gadangkan sebagai produk paling unggulan dan modern milik Microsoft yang kurang begitu tumbuh pesat.

Bukti kenapa Microsoft ingin menaikkan penjualan operating system baru itu dan juga produk-produk berbasis Windows 8 adalah seringnya muncul publikasi kepada pengguna PC agar beralih menggunakan OS tersebut dan meninggalkan Windows XP daripada ke Windows 7.

Dan lagi, ada rumor yang sempat beredar bahwa dalam beberapa bulan lagi, Windows 7 juga akan ‘dikebiri’ perlahan dan sedikit demi sedikit.

Memang masih terlalu awam untuk mengatakan bahwa penutupan Windows XP hanya gara-gara Windows 8 tidak begitu laku di pasaran, namun pastinya Microsoft memiliki alasan lainnya yang tidak diungkapkan ke publik kenapa harus mengambil langkah tersebut.

 

sumur :

http://www.merdeka.com/teknologi/benarkah-windows-xp-pensiun-hanya-karena-masalah-keamanan.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s