MOBIL TANPA SOPIR

Baru-baru ini Google merilis sebuah mobil otomatis buatan sendiri. Mobil tersebut tidak lagi dilengkapi dengan roda pengemudi, pedal gas dan pedal rem.

Penumpang cukup dengan menekan sebuah tombol, maka mobil akan menghantarkan sampai tempat tujuan.

Mobil otomatis ini hanya menyediakan 2 bangku penumpang, tanpa sopir. Hanya tombol on dan off pada papan panelnya. Ketika penumpang memencet tombol on maka program komputer akan menjalankan mesin dan menghantarkan penumpang hingga tempat tujuan.

Namun, untuk alasan keamanan sementara waktu ini mobil masih dibatasi kecepatan maksimumnya 40 km/jam.

Tampak depan terlihat mobil tidak kalah cantik dengan mobil kota umumnya, dirancang sedemikian rupa sehingga berwajah ‘santai-santai waspada’. Google mengharapkan masyarakat dapat menerima teknologi autopilot ini.

Penanggung jawab mobil autopilot perusahaan Google Chris Urmson mngatakan, “Kami sangat gembira dengan mobil ini, mobil ini akan memungkinkan kita mengembangkan lebih lanjut teknologi autopilot serta menyempurnakan kekurangan yang masih ada”.

Dia menambahkan bahwa mobil ini memiliki kemampuan untuk mengubah mobilitas dengan tujuan untuk meningkatkan kehidupan masyarakat.

Tetapi beberapa peneliti juga sedang menyelidiki tentang kekurangan dari menggunakan teknologi autopilot. Mereka percaya bahwa kendaraan autopilot bisa membuat pengembangan kawasan transportasi dan kota besar menjadi lebih buruk karena orang akan menerima sebuah perjalanan yang lebih lama.

Perusahaan Google menjelaskan bahwa saat ini proyek mobil autopilot masih berada dalam tahap prototype. Kira-kira 100 mobil dalam bentuk prototype akan diproduksi demi uji coba yang akan dilakukan pada musim panas tahun ini. Tetapi awalnya akan dilengkapi dengan sistem kontrol manual untuk menghindari hal tak terduga.

Perusahaan kemudian akan mencari mitra usaha untuk melaksanakan lebih luas rencana yang dapat digunakan untuk tujuan komersial. Namun, perusahaan tidak memiliki niat untuk terlibat dalam industri otomotif.

Dalam teknologi autopilot tampaknya perusahaan Google lebih unggul karena perangkat lunak dirancang untuk bekerja sesuai kecerdasan manusia dengan sensor lingkungan dan respon sama seperti seorang pengemudi manusia.

Selain Google, perusahaan Nissan, General Motors, Ford Motor Co. dan sebagainya juga terlibat dalam pengembangan mobil autopilot. Perusahaan pemasok suku cadang Continental Group mengharap mobil autopilot dapat resmi berjalan sebelum 2020. Telsa Motors malahan mengharap lebih awal, sebelum tahun 2016 mobil dengan autopilot dapat memainkan hinga 90% peranannya.

SUMBER : http://www.erabaru.net/teknologi/technews/8411-mobil-google-tanpa-roda-kemudi-pedal-gas-dan-rem

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s