Java Community Proses

Java Community proses (JCP) merupakan sebuah mekanisme resmi ( “saya tidak cukup tahu harus menyebut seperti apa”) yang disahkan pada tahun 1998 untuk mereka-mereka( pihak third party organization/individu) yang tertarik mengembangkan sebuah standarisasi untuk pemgrogaman java atau program di dalam java itu sendiri.

Selain itu, JCP tidak tertutup hanya untuk organisasi besar saja, mereka( baca : JCP ) memberikan kebebasan bagi siapa saja/individu untuk ikut serta bergabung menjadi anggota dengan pengecualian bagi mereka yang berasal dari perusahaan atau organisai/pihak komersil akan dikenakan biaya tambhan pada jangka waktu tertentu.

Di dalam JCP sendiri terdapat Java Specification Requests( JSRs), yaitu sebuah dokumen resmi yang mendeskripsikan sebuah ajuan yang isinya berupa spesifikasi dan teknologi yang nantinya akan dimasukan di dalam platform java. JSRs terlebih dahulu akan di review oleh publik (resmi) sebelum JSR layak untuk diterima, lalu dari pihak panitia eksetikutif JCP akan memberikan penilaian/persetujuan (dibaca : vote). dokumen JSRs yang sudah jadi berisi sebuah acuan implementasi mengenai sebuah teknologi dalam bentuk kode sumber/source code dan sebuah paket teknologi yang cocok dengan spesifikasi API.

langkah-langkah selama pembuatan JSRs

JCP.Timeline.12

terbagi menjadi 4 langkah, diantaranya :

Initiation

merupakan tahap permulaan dari JSRs, dibuat dan diajukan oleh member JCP dan pada pemgembangan akan disetujui oleh pihak panitia eksekutif. Setiap minggunya terdapat banyak JSRs yang diajukan, setiap dokumen baru akan di posting untuk di periksa/ulas selama 2-4 minggu dan selama dalam kurun waktu tersebut pihak public dapat memberikan masukan mengenai spesifikasi atau lisensi. dalam waktu 2 minggu tersebut berlangsung pemungutan suara oleh pihak panitia apakah dokumen tersebut di setujui atau tidak.

Early Draft review

Ketika JSRs sudah di setujui, maka akan dibentuk sebuah grup yang terdiri dari para ahli yang ditugaskan untuk mengembangkan rancangan awal dari spesifikasi yang berdasarkan review antara anggota dan pihak panitia sudah buat. setiap anggota bisa mencalonkan seseorang yang ahli untuk bekerja pada satu grup atau lebih dengan mengajukan permintaan nominasi. saat rancangan awal sudah dibuat beserta spesifikasinya, selanjutnya iyalah mengumumkan ke pihak publik untuk di periksa. sebuah masukan dan dan umpan balik akan menjadi refensi bagi para ahli untuk melakukan perbaikan pada rancangan.

Public Draft

Rancangan JSR di post untuk mendapatkan perbaikan oleh pihak public yaitu mereka baik member ataupun nonmember yang bisa membaca maupun memberikan komentar pada rancangan. Pada saat penutupan, pihak panitia akan menentukan apakah rancangan layak untuk dikembangkan lebih lanjut. pada umumnya, semua masukan yang telah direview oleh publik akan dijadikan acuan oleh para ahli untuk melakukan perbaikan. pimpinan dari grup akan melakukan pengecekan meliputi acuan implementasi berikut juga paket kompabilitas teknologi, memastikan semuanya sudah sesuai sebelum dikirim ke pihak panitia untuk persetujuan akhir. Sekali disetujui, maka dokumen dapat dipublikasikan.

Maintenance

rancangan spesifikasi, implementasi, dan paket kompabilitas yang sudah layak akan diperbaharui  yang ditujukan untuk mendapat respon permintaan untuk klarifikasi, diterjemahkan, penambahan bagian tertentu, serta perbaikan. Pihak panitia akan memberikan suara untuk menyetujui semua perubahan pada spesifikasi untuk di proses secepatnya atau menolak perubahan spesifikasi yang membutuhkan langkah perbaikan untuk mengumpulkan sejumlah daftar perubahan spesifikasi yang terjadi, atau penundaan sampai spesifikasi dapat diperiksa oleh berberapa ahli yang telah selesai menangani dokumen JSRs baru. jika masalah perubahan spesifikasi tidak kunung kelar maka pihak panitia akan memberikan teguran.

berikut ini adalah daftar teknologi apa saja yang sudah masuk di dalam JSRs

java

 

sumber :

http://en.wikipedia.org/wiki/Java_Community_Process

http://jcp.org

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s