E-Government Kota Depok

Kota Depok adalah tempat dimana saya dilahirkan, tepatnya di daerah tanah baru, depok sendiri adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini terletak tepat di selatan Jakarta, yakni antara Jakarta-Bogor. Kata Depok sendiri berasal dari kata dalam bahasa Sunda yang berarti pertapaan atau tempat bertapa. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa kata Depok merupakan sebuah akronim dari De Eerste Protestants Onderdaan Kerk yang artinya adalah Gereja Kristen Rakyat Pertama. [2].

Depok dahulu adalah kota kecamatan dalam wilayah Kabupaten Bogor, yang kemudian mendapat status kota administratif pada tahun 1982. Sejak 20 April 1999, Depok ditetapkan menjadi kotamadya (sekarang: kota) yang terpisah dari Kabupaten Bogor. Kota Depok terdiri atas 11 kecamatan, yang dibagi menjadi 63 kelurahan.

oke, segitu saja pengenalan mengenai kota kelahiran saya, karena saya akan membahas atau mereview mengenai apakah kota depok sudah menerapkan e-government atau belum. bagi yang belum tahu apa itu E-government sendiri bisa dilihat pada pengertian berikut,

Pemerintahan elektronik atau e-government (berasal dari kata Bahasa Inggris electronics government, juga disebut e-gov, digital government, online government atau dalam konteks tertentutransformational government) adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. e-Government dapat diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik, untuk meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses kepemerintahanyang demokratis. Model penyampaian yang utama adalah Government-to-Citizen atau Government-to-Customer (G2C), Government-to-Business (G2B) serta Government-to-Government (G2G). Keuntungan yang paling diharapkan dari e-government adalah peningkatan efisiensi, kenyamanan, serta aksesibilitas yang lebih baik dari pelayanan publik.

oke, apakah sudah ada yang mengerti? sip..lanjuttt.

setelah saya telusuri menggunakan mesin pencari, ternyata kota tercinta sudah menerapkan contoh dari e-government, seperti website kota depok yang kali ini akan saya bahas. alamatnya nih http://www.depok.go.id

kite mulai yee

depok

nah pada saat membuka situs http://www.depok.go.id, maka akan muncul tampilan homepage seperti gambar diatas, menurut saya sih , tampilanya bagus, semuanya serba rapih dalam penempatan gambar,navigasi, menu. website kota depok dibuat serba simple guna membuat aksesnya lebih cepat saat masyarakat membukanya.

website ini menyajikan seputar informasi atau berita yang setiap harinya terjadi di kota depok, berita tersebut meliputi berita  pemerintahan di dalam kota, kesehatan , sosial , pendidikan ,tenaga kerja, infrastruktur, kependudukan, lingkungan, ekonomi, pariwisata,dan info umum beserta event-event lainya yang terjadi di depok. jadi baik masyarat di dalam kota depok sendiri atau masyarakat luar kota depok dapat mendapatkan informasi mengenai kota depok hanya dengan mengakses website ini.

selain itu di dalam website ini terdapat sekali berbagai tautan yang menuju ke berbagai macam website lainya di kota depok ini seperti

Kantor Kesatuan bangsa dan Politik kota Depok

depok1

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok

depok2

Dinas Pemuda, Olahraga, pariwisata, Seni dan Budaya

depok1

okeh, situs diatas adalah salah satu dari sekian situs pemerintah yang ada di dalam kota depok. setelah melihat-lihat berbagai situs yang ada di tautan, saya bisa menyimpulkan bahwa kota depok sudah modern dengan dibuatnya situs-situs diatas maka dapat dipastikan pemerintah telah melakukan tahap E-government. Informasi yang ada didalam setiap website selalu terupdate jadi warga bisa melihat peristiwa apa saja yang terjadi di depok dalam waktu sehari.

sumber :

http://www.depok.go.id

http://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Depok

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s